Pada dasarnya tidak ada patokan jarak tempuh agar aki tetap awet, tetapi
yang perlu dilakukan adalah cukup dengan memanaskan atau menggunakan
motor secara periodik minimal 5 menit setiap pagi dan sore hari.
Yang terpenting bukan jarak tempuhnya tetapi RPM (puratan mesinnya cukup) sebab semakin tinggi RPM mesin, tegangan input ke aki semakin besar sehingga pengisian lebih cepat.
Kalau dalam waktu 24 jam tidak dipakai sebenarnya tidak perlu melepas kabel aki, kecuali dalam waktu 3 hari atau 1 minggu sebaiknya cara ini dipakai, hal ini untuk menghindari bocornya arus listrik ke ground pada saat motor dalam kondisi mati.
Yang terpenting bukan jarak tempuhnya tetapi RPM (puratan mesinnya cukup) sebab semakin tinggi RPM mesin, tegangan input ke aki semakin besar sehingga pengisian lebih cepat.
Kalau dalam waktu 24 jam tidak dipakai sebenarnya tidak perlu melepas kabel aki, kecuali dalam waktu 3 hari atau 1 minggu sebaiknya cara ini dipakai, hal ini untuk menghindari bocornya arus listrik ke ground pada saat motor dalam kondisi mati.
0 komentar:
Posting Komentar