Merawat Rantai Motor Agar Tetap Bersih & Awet

Senin, 26 November 2012

1. Atur rantai sepeda motor anda usahakan setelannya tidak sekedar kencang tapi juga Anda harus mengecek pin sambungan serta membersihkannya dari kotoran dan debu.

"Biasanya rantai motor itu kotor akibat oli atau pelumas yang sering kita gunakan. Ada baiknya Anda memeriksa rantai setiap 1.000 km.

2. Hal yang harus diperhatikan yakni mengecek pin rantai motor apakah pemasangannya sudah benar karena pin merupakan sambungan sekaligus pengunci sambungan rantai.

"Posisi pin itu cepat berubah. Terutama saat motor melaju kencang dan menerjang lubang. Otomatis tekanan rantai untuk mendorong motor jadi lebih besar. Itu biasanya yang membuat rantai cepat kendur.

3. Bersihkan rantai motor Anda dari kotoran atau debu yang menempel. Bila tidak dibersihkan rantai akan cepat rusak dan mudah kering, berkarat dan cepat haus .

"Usahakan bersihkan rantai dari debu dan yang lainnya 1 bulan sekali. Beres dibersihkan lalu lakukan pemberian pelumas. Usahakan jangan pakai oli bekas tapi pake pelumas yang khusus rantai motor.

4. Saat melakukan pelumasan jangan sembarangan, karena biasanya orang memberikan pelumas rantai sembarang tidak menggunakan cairan yang telah dianjurkan.

"Saat melakukan pelumasan rantai usahakan motor di standar 2 lalu nyalakan mesin untuk mempermudah perputaran rantai saat dilumuri pelumas. Berikan pelumas secara merata karena kalau tidak nantinya bagian yang tidak kena pelumas akan mudah berkarat atau pin-nya kendur.

0 komentar:

Posting Komentar