Cara Mudah Cegah Ban Motor Benjol

Senin, 26 November 2012

Berikut yang harus Anda lakukan untuk menjaga ban motor agar tetap stabil :

Hal pertama yakni, bila Anda melaju dengan kecepatan tinggi kemudian ada lubang di hadapan Anda dan tidak bisa untuk menghindar lubar tersebut. Hal yang harus dihindari yakni melakukan pengereman mendadak. Itu karena akan mempengaruhi bobot sepeda motor dan penumpang di ban depan. Bisa-bisa langsung benjol dan pelek juga bisa langsung bermasalah.

Hal kedua yang tidak kalah pentingnya yakni, periksa tekanan angin ban secara teratur, jangan sampai kurang angin atau berlebihan. Kalau tekanan angin kurang dan Anda sering menghantam lubang kemungkinan ban menjadi benjol sangat tinggi.

"Kalau tekanan angin kurang maka ban mudah benjol. Biasanya kami menyarankan untuk motor bebek ukuran angin ban depan 30 dan ban belakang 38.

Hal ketiga yang harus diperhatikan yakni selalu waspada ketika mengendarai sepeda motor. Pastikan Anda mengetahui kondisi jalan yang akan dilalui apakah banyak lubang atau tidak ada lubang.

Jangan melaju sepeda motor terlalu kencang jika Anda tidak hafal jalan. Sebab, bisa saja ada lubang yang dapat mengakibatkan ban anda menjadi benjol atau membahayakan keselamatan diri Anda.

Kalau memang ban Anda sudah benjol atau bergelombang dan sudah tidak enak dipakai maka segera ganti dengan ban baru. Kalau tidak cepat diganti, maka ban itu akan berbahaya dan cepat kempes.

Dan kalau benjolnya sudah parah lalu Anda malah menambahkan tekanan anginnya, ban tersebut akan pecah. Karena kawat ban itu sudah terputus karena hantaman lubang tadi.

"Intinya tekanan angin pada ban harus tetap dijaga. Minimal 1 minggu sekali Anda cek tekanan anginnya.

0 komentar:

Posting Komentar